Manfaat Pendidikan
Pembahasan  tentang pengawasan pendidikan harus diawali dengan dua pengamatan  dasar, pertama bahwa orang-orang dengan pendidikan yang lebih tinggi  berbeda dengan orang yang kurang berpendidikan. Pengamatan kedua adalah  perubahan individu yang terjadi setelah mereka mendapatkan yang lebih  tinggi.
-  Dimensi Manfaat Pendidikan
Orang  yang akan mendapat beberapa keuntungan atau manfaat pendidikan yang  pertama dan yang paling nyata adalah siswa. Setiap siswa memiliki  karakteristik yang berbeda-beda sehingga setiap karakteristik tersebut  harus dapat dipahami agar mereka dapat mencapai manfaat dalam  pendidikan. Sebagai tambahan pengaruh orang lain dalam masyarakat dapat  mempengaruhi pendidikan siswa, baik secara langsung maupun tidak  langsung (keluarga dan teman-teman atau guru). Manfaat yang akan  diperoleh siswa mudah sekali untuk dijelaskan, siswa yang belajar  membaca disekolah lebih baik dari pada mereka yang tidak dapat membaca.
Dalam  ekonomi hal ini disebut “manfaat pribadi”. Para ekonom membedakan  manfaat pribadi dengan manfaat sosial. Manfaat sosial adalah sesuatu  yang dapat mengembangkan orang selain pendidikan. Masyarakat dikatakan  lebih baik karena pendidikan mereka.
Karakteristik  dan pembawaan umum tertentu dapat dianggap sebagai hasil dari sekolah,  termasuk pemahaman tentang nilai demokrasi sebagai upaya untuk memerangi  segala bentukkediktatoran dalam suatu pemerintahan dan kemampuan untuk  berpikir kritis dan yang pantas. Keahlian tersebut mungkin menjadi  pengaruh tidak langsung dari bidang studi kewarganegaraan, ilmu sosial,  sejarah, filsafat, bahasa, dan pengajaran lain.
Perubahan  yang dipengaruhi oleh pengalaman pendidikan. Secara metodologis hal ini  berarti bahwa pengukuran pretest dan protest pada individu diperlukan  untuk mengidentifikasi perubahan yang disebabkan oleh pendidikan. Hal  ini dikenal sebagai “pendekatan penambahan nilai”.
Terdapat  lima cara yang berbeda untuk membuat fakulasi (penghitungan) dan  mengaplikasikan metode yang spesifik pada pendidikan yang lebih tinggi.  Yang pertama adalah dalam mengevaluasi perubahan individu, segala yang  dihabiskan dalam pendidikan (tingkat biaya) adalah ukuran kelebihannya.  Kedua yaitu menyelidiki reaksi klien terhadap pendidikan universitas.  Ketiga adalah mempertimbangkan peningkatan dalam nilai kapita dari  manusia yang merupakan hasil dari pendidikan yang lebih tinggi. Keempat  melihat seberapa besar pendidikan yang lebih tinggi bertanggung jawab  atau berperan dalam pertumbuahn. Kelima dalam memperkirakan nilai  pendidikan universitas dengan melihat pada tingkat pengembalian  investasi pada pendidikan universitas.
Manfaat  pendidikan diperoleh selama pengalaman dari pendidikan itu sendiri,  manfaat pendidikan dapat ditanyakan pada siswa setelah mereka  melaksanakan pendidikan. Persamaannya seperti manfaat sosial dari  mengikuti permainan sepak bola di SMA terjadi selama pengalaman  pendidikan.
0 Response to "Manfaat Memiliki Pendidikan"
Post a Comment